Skip to main content

DONGENG SEBELUM TIDUR

 “cikcak itu, cintaku, berbicara tentang kita.

Aitu nonsense”

Itulah yang dikatakan baginda kepeda permaisurinya

Pada malam itu , nafsu diranjang telih jadi teduh Dan senyap merayap antara sendi dan sprei “Mengapakah tak percara ? Mimpi aku meyakinkan Seperti matahari pagi.

Perempuan itu terisak, ketika anglingdarma menutupkan

Kembali kain kedalamnya dengan nafsu yang dingin

Meskipun ia megecup rambutnya.

Esok harinya permaisuri membunuh diri dalam api Dan baginda pun mendapat akal bagaimana ia harus Melarikan diri dengan pertolongan dewa-dewa entah


Ontologi Puisi

 

 

Dari mana untuk tidak setia

batik madrim, Batik Madrim, mengapa harus

patihku?

Mengapa harus seorang mencintai kesetiaan lebih dari

Kehidupan dan sebagainya dan sebagainya

 

 

 

 

Karya: Goenawan Mohamad (1971)

 

 

 

 

 

 

Untuk  menafsikan  makna  puisi  Dongeng  Sebelum

Tidur, kita perlu meanalisis setiap bait.

Bait (1) Berisi ucapan anglingdarma yang mengatakan kepada permaisuri bahwa cicak membicarakan mereka berdua. Isiya monsense karena raja harus merahasiakannya dari kutukan Dewa.

Bait (2) dan (3) Permaisuri kecewa karena sang raja tidak mau berterus terang tentang apa yang disengar dari percakapan cicak, sehingga permaisuri merasa diremehkan, tidak dipercaya dan dikhianati yang mengakibatkan hubungan raja dan permaisuri manjadi dingin.

Bait (4) Kekecewaan permaisuri semakin memuncak dan membuat dirinya menangis. Sang raja mencoba menengkan permaisuri dan menunjukan kasih sayangnya.

Bait  (5)  Akibat  dari  kekecewaan  yang  memuncak

terhadap sang raja yang dianggap telah merendahkan harga


 

diri, maka permaisuri mengambil keputusan tragis, yaitu dengan bunuh diri dalam api.

Bait  (6)  Menceritakan  sang  raja  setelah  permaisuri

bunuh diri, ia hendak melarikan diri dari kutukan Dewa, karena   ia telah membuka rahasia tentang kepandaiannya dapat berbicara dengan binatang. Ia tidak dapay lepas dari kutukan Dewa Prabu Anglingdarma mengembara di sam- ping menjalani kutukan Dewa ia juga mencar arwah permaisuri. Kepergian sang raja adalah bentuk pelanggaran terhadap kesetiaan terhadap suatu tanggung jawab sebagai seorang raja.

Bait   (7 Pernyatan   filosof seorang   raj kepada

patihnya (Batik Madrim) Seorang raja yang telah kehilangan segalanya karena untuk sebuah janji setia. Mengapa kesetian harus lebih dari segala-galanya? Jika harus kehilangan segalanya apa artinya kesetiaan itu? Pada bait ini penyair berpikir sebelum bertindaj, jangan sampai menyesal atas tindakan  kita.  Di  samping  itu,  amanat yang  disampaikan penyair berdasarkan tema adalah sebagai berikut :

Pertama,  Sebagai raja hendaknya jangan mencapur adukkan antara tugas sebagai kepala Negara dan tugas sebagai kepala rumah tangga.

Kedua, Sebagai raja hendaknya harus terbuka dalam batasan-batasan tertentu terhadap permaisuri sehingga tumbuh kepercayaan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

Ketiga, Sebagai permaisuri hendaknya mendukung tugas raja yang pada kenyataannya bukanlah miliknya se- mata, melainkan juga milik rakyat.


 

Keempat,  Kesetiaan  dan  harga  diri  adalah  sesuatu yang harus dijaga, tetapi hendaknya jangan karena kesetiaan dan harga kita korban segalanya.

Comments

Popular posts from this blog

Puisi Bahasa Makassar AMMAKKU , SINGARA ATINGKU

AMMAKKU , SINGARA   ATINGKU OOO   AMMAKKU…. TAU   AMMALLAKSUKANGKU PA’ROKO CERAKKU OOO   AMMAKKU…. IKAU BULAENG ATINGKU KAU SINARAK ATINGKU NUSINGARRI TALLASAKKU OOO   AMMAKKU…. IKAU GURU MALOMPO RI TALLASAKKU KA IKAU MI ANTU ANGNGAJARIA BATTU RI KODI NA BAJIKA OOO   AMMAKKU…. IKAU BENTENG MALOMPO RI TALLASAKKU KA   IKAU MI ANTU ANJAGA A BATTU RI KODIA OOO   AMMAKKU…. IKAU ANGING MASARRO MABAJI KA IKAU MI ANTU ANNGERANG DINGIN RI ATINGKU KA IKAU MI ANTU SANGNGING MANGNGERANG KANA MABAJI OOO   AMMAKKU…. KA IKAU NAKUNIA KA IKAU NAKU CARA’DE KA IKAU NAKU’ MATU-MATU TENAMO POLE KANA MABAJI LAKUPAU MANGE RIKAU PASSANGNGALINNA KANA TERIMA KASI LOMPOKU MANGE RIKAU AMMAK OOO   AMMAK…. OOO   AMMAK…. OOO   AMMAK…. SINGARA   ATINGKU Nasri Adlani

ANALISIS STRUKTURAL KUMPULAN PUISI “BULI – BULI LIMA KAKI“ KARYA NIRWAN DEWANTO

  P A PA R AN D A N T EM U A N D ATA   P a da B A B ini dipap a rk a n tent a ng temu a n h a l – h a l y a n g b e rhub u n g a n d e ng a n a spek struktur a l d a lam kumpu l a n puisi “ B uli – B uli L i m a K a ki ”   k a r y a Nir wa n D e w a nto y a n g m e n ca kup G a y a B a h a sa d a n p e n g i m a j i a n (Ci t r a a n ) .   4.1 G aya Ba h asa ( M a j a s)     G a y a a t a u Maj a s p a da p e n e l i t i n ini melipu t i s u a tu p e n g g un aa n b a h a s a , B e rikut     a d a lah     p e nja b a r a n     G a y a     B a h a s a     ( M a jas)     y a n g    te r k a ndu n g     d a lam Kumpulan puisi B ul i - B u l i L i m a K a ki:       D a lam     P uisi     B ABI     MERAH     J AM B U     men g a ndu n g     maj a s p e rump a ma a n, d i a nta r a n y a s e b a g a i b e rikut:   B A BI MERAH J AM B U B a r a n g k a li buluku s e p a ntas sute ra , tapi sung g uh a ku e n g g a n b e rc e rm

PUISI DALAM BAHASA DAERAH MAKASSAR

Panngaingku tanni ngai Kumempomi anne ri pammempoangku Nakotongkomi anne sarengku Iyami anne nakkukku tena kutahang Iyami anne pangngaingku tena sakgenna Ranggaselami atingku tena nakulle kupilei Singkamma rikurunganna bara pepeka Nakusannangan kalengku rikurungan pannyessayya Naku ammilei sala sekrena Tau toaku iareka ia   Nia rua binaga tena sikali kukulle allimbangi E ...... Karaeng kisarea patunjuk inne bangngi kasino-sinoa Naku ammarrang ri dallekanta Naku appala pangngamaseanta kipassereanga inakke siagang ia kungaia Oleh Lukman